Minggu, 23 Mei 2010

Pengusaha Juga Harus Aktif

Pengusaha jamu tradisional Indonesia juga harus aktif merealisasikan ajakan pemerintah untuk menjadikan jamu sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Pandangan itu disampaikan oleh Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat di sela-sela "Seminar Prospek Pengembangan Jamu Menuju Masyarakat Indonesia yang Sehat dan Mandiri: Harapan dan Tantangannya", Sabtu (22/5/2010).

Seminar itu menjadi salah satu mata rantai acara Hari Kebangkitan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang dipusatkan di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat. Selain Irwan Hidayat, sebagai pembicara dalam kesempatan itu antara lain Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan Agus Purwadianto.

Beberapa regulasi dan program sudah bergulir terkait dengan hal itu. Sasaran utamanya, sebagaimana dikatakan Agus Purwadianto, agar jamu memiliki sistem standardisasi sebagai bagian dari pengobatan. "Sistem ini harus menjadi bagian pula dari paradigma kesehatan," kata Agus menegaskan.

Sementara itu, Irwan mengatakan, industri jamu sedikit demi sedikit mulai bangkit untuk mempertinggi kepercayaan masyarakat. Maka dari itulah, pihaknya juga memberikan penekanan pada standardisasi sebagaimana program pemerintah. "Penanaman tanaman sendiri lewat petani untuk kesiapan bahan baku adalah bagian dari upaya mempermudah standardisasi,"katanya.

Selanjutnya, terkait pula dengan program klinik jamu, Irwan setuju kalau klinik tersebut dipimpin oleh seorang dokter. Namun, dokter tersebut harus ikut belajar mengenai jamu sehingga yang bersangkutan makin memahami jamu itu. "Dokter komplementer istilahnya," kata Irwan.

Hal pokok yang juga menjadi perhatian, menurut Irwan, adalah jamu memang berbeda dengan pengobatan farmasi. Maka dari itulah, dirinya sepakat kalau jamu sejatinya memiliki sistem sendiri. "Namun, jamu dan farmasi harus dipandang sejajar," katanya.
sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/22/13581187/Pengusaha.Juga.Harus.Aktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar