Senin, 03 Mei 2010

Nilai Islami Perkuat Desain Timur Tengah

NUANSA Islami terlihat dalam koleksi busana berdesain khas Timur Tengah, dalam sebuah pagelaran busana yang dihadiri kaum elit Chechnya, Selasa (27/4) silam.

Para model tampil dalam balutan bermacam gaun panjang menyapu lantai dengan nuansa warna merah tua dan keemasan, dilengkapi selendang sebagai penutup kepala.

Berbagai gaun sutra dan satin bersulam mewarnai koleksi kedua yang didesain duo bersaudari Arzhiyeva, yang dipercaya pemerintah lokal untuk membuat pakaian tradisional Chechnya di republik Muslim tersebut, yang terlibat pertempuran dalam dua perang separatis dengan Moskow sejak pertengahan 1990-an.

''Kami mencoba menggabungkan standar pakaian Islami ke dalam koleksi kami, sehingga cocok untuk kaum perempuan Kaukasus dan Timur,'' kata Laura Arzhiyeva seperti dikutip Reuters.

Diluncurkan pada Oktober lalu, rumah mode mereka merupakan proyek anakan dari Medni Kadyrova, istri pemimpin Chechnya yang didukung Moskow, Ramzan Kadyrov.

Duduk di deretan depan, Kadyrov dan istrinya bertepuk tangan penuh antusiasme saat 25 model Chechnya berambut hitam, berparade dalam balutan gaun-gaun yang menutupi sempurna lengan mereka. Di bagian pinggang, untaian tali berkilauan meliliti gaun. Gaun-gaun tersebut dijual seharga US$3.000 per potong di butik paling mewah di Grozny.

''Sangat sulit menemukan sesuatu yang sederhana di antara toko-toko pakaian Eropa. Koleksi ini menyegarkan,'' kata Mizana Aliyeva, 28, satu dari 700 tamu di acara itu.

''Sangat baik jadinya bahwa di republik ini, tren sesuai dengan kebudayaan kami yang unik,'' cetus Iman Isayeva, 35, saat menatap sekelompok gadis yang sedang merapikan jilbab mereka di depan cermin.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/04/30/3098/4/Nilai-Islami-Perkuat-Desain-Timur-Tengah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar