Selasa, 06 April 2010

Suku Bunga BI Tetap 6,5 Persen

Liputan6.com, Jakarta: Bank Indonesia memutuskan mempertahankan BI Rate atau suku bunga pada tingkat 6,5 persen. Hasil evaluasi atas kinerja perekonomian selama triwulan pertama 2010 dan prospek ekonomi ke depan menunjukkan bahwa BI Rate tersebut masih konsisten dengan pencapaian sasaran inflasi 2010 dan 2011 sebesar lima persen plus minus satu persen. Demikian rilis hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Selasa (6/4), yang diterima Liputan6.com.

Dewan Gubernur juga memandang bahwa BI Rate diyakini masih kondusif bagi upaya memperkuat proses pemulihan perekonomian, menjaga stabilitas keuangan, serta mendorong intermediasi perbankan. Dewan Gubernur berpendapat bahwa penguatan ekonomi domestik terus berlanjut didukung kinerja ekonomi global yang semakin kondusif.

Perkembangan hingga triwulan pertama 2010 menunjukkan pemulihan ekonomi global, terutama di Amerika Serikat, Cina dan India, berlangsung lebih cepat dan lebih kuat dari perkiraan semula. Sementara itu, penyelesaian krisis utang Yunani sejauh ini direspons positif oleh pelaku ekonomi dan hanya berdampak terbatas di pasar finansial.

Ditulis pula dalam rilis, pemulihan ekonomi global yang disertai dengan perbaikan persepsi risiko telah mendorong optimisme yang semakin kuat di pasar finansial dan pasar komoditas. Sebagaimana dicerminkan oleh indikator pasar modal, harga komoditas dan volume perdagangan dunia yang meningkat lebih tinggi dari perkiraan semula. Demikian juga halnya dengan peningkatan arus modal masuk global ke emerging markets, termasuk Indonesia.(ANS)

sumber:
http://berita.liputan6.com/ekbis/201004/271112/Suku.Bunga.BI.Tetap.6.5.Persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar